Study

Penulisan Naskah Kehumasan

Sebagian besar tugas public relations adalah berkaitan dengan keahlian tulis menulis. Bahkan perpaduan tugas dan bertanggung jawab untuk organisasi satu dengan lainnya mungkin berbeda, tetapi menulis selalu ada. Tidaklah heran jika salah seorang praktisi public relations, wicaksono Noeradi (pakar senior PR) mengatakan bahwa 70% kegiatan komunikasi public relations adalah menulis sisanya kegiatan komunikasi lainnya. Seorang public relations bertanggung jawab membuat bermacam-macam media komunikasi. Tujuannya sebagai sarana komunikasi dua arah dengan publiknya.

Ada berbagai  ragam tulisan yang bisa dibuat Humas/PR, untuk kemudian disebarkan kepada publik melalui media massa. Ada tulisan berbentuk press releasefeatures, opini, surat pembaca, dan sebagainya. Melalui tulisan itu, praktisi Humas bisa menyajikan berbagai informasi mendalam menyangkut apa yang digeluti organisasi,  demi  kepentingan publik.

Untuk membekali mahasiswa dalam memiliki kemampuan dan keahlian menulis maka pada mata kuliah Penulisan Naskah Kehumasan, mahasiswa diajarkan mengenai pentingnya keahlian menulis bagi PR dan juga mahasiswa di minta untuk membuat produk-produk tulisan PR seperti press release, backgrounders, advertorial, brosur, map/folder, company profile dan newsletter. Dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan :
1. Memahami pentingnya keahlian menulis bagi public relations
2. Mengetahui teknik penulisan naskah dalam Public Relations
3. Mampu menghasilkan produk media kit Public Relations.
 
Hasil karya mata kuliah Penulisan Naskah Kehumasan


Strategi Kampanye PR

Selain keahlian menulis, seorang Humas/PR juga melakukan atau membuat program kampanye. Kampanye Humas/PR biasanya dilakukan untuk berbagai tujuan, misalkan: mensosialisasikan suatu program tertentu, baik yang bersifat sosial, pendidikan, politik, atau pun yang berkaitan dengan misi khusus suatu organisasi. Namun, terlepas dari apapun tujuannya, rangkaian kegiatan dalam kampanye kehumasan, harus melibatkan berbagai tahapan berikut, yakni: analisis situasi, penetapan tujuan dan khalayak, pemilihan media, penentuan anggaran dan pengukuran hasil. selain membuat perencanaan program kampanye, untuk mendukung program kampanye tersebut praktisi humas/PR juga membuat dan merancang media publikasi yang dapat membantu dalam mempublikasikan kegiatan kepada publik. 

Untuk membekali mahasiswa/i PR terkait program kampanye, maka pada mata kuliah strategi kampanye PR mahasiswa/i diajarkan bagaimana membuat perencanaan program kampanye dan juga membuat media publikasi guna mendukung kegiatan kampanye tersebut. Dengan mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
1. Memahami pentingnya komunikasi persuasif dalam kampanye
2. Mengetahui langkah-langkah perencanaan kampanye PR
3. Mampu menghasilkan proposal perancangan kampanye PR dan media publikasi kampanye PR

    Presentasi dan hasil karya mata kuliah Strategi Kampanye PR

    Media Relations

    Selain keahlian menulis, perencanaan program kampanye dan sebagainya, seorang PR juga harus memiliki hubungan yang baik dengan media/pers. Hubungan antara PR dengan media/pers merupakan hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) dalam arti bahwa media membantu PR dalam publisitas kegiatan/program perusahaan dan media diuntungkan dalam hal pemberitaan. Oleh karenanya menjalin hubungan baik dengan media/pers sangat lah penting guna menunjang program kerja PR. 

    Pokok bahasan pada mata kuliah ini mengenai bagaimana seorang Public Relations harus memiliki pemahaman dalam dasar-dasar media relations, memahami bagaimana proses perencanaan Media Relations, strategi dan prinsip-prinsip dalam media relations dan dapat menerapkan konsep media relations melalui kegiatan konferensi pers. Sehingga Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu dalam : 
    1)  Memahami dan mampu mendeskripsikan konsep Media Relations
    2)  Terampil dalam menyusun perencanaan media relations
    3)  Terampil dalam menghandle media dan wawancara media

    Praktek/simulasi Press Conference di kelas

    1 komentar: