Rabu, 19 Oktober 2016

Membentuk Identitas Kota Melalui City Branding


City branding berkaitan dengan tata rencana kota yang dapat dijadikan sebuah strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di dalam target promosi, dalam hal ini promosi untuk sebuah kota. Untuk mendapatkan kepercayaan sebagai kota yang terbaik dalam aspek tertentu bergantung pada bagaimana city branding telah dibuat dan disampaikan sebagai kekuatan kompetisi dan relevansi dari kota tersebut sehingga kota tersebut dapat dikenal secara luas baik regional ataupun global.

City Branding (citra kota) merupakan upaya strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di regional maupun global. Dengan adanya city branding dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk mempromosikan segala aktivitas kegiatan, saran serta budaya yang ada di kota tersebut. Seperti istilah “Kota Kembang” atau “Paris Van Java”  sebutan untuk kota Bandung atau sebutan-sebutan lain dari kota yang ada di Indonesia.

Membentuk Identitas Kota dengan City Branding bukan merupakan hal yang mudah mengingat tantangan yang utama adalah berada di sekitar persoalan, bagaimana usaha untuk membentuk suatu perlindungan citra kota yang berkoherensi dalam ragam lintas area yang berbeda dari kegiatan dengan beragam target pengguna.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor, melalui gerakan kampanye “Bogoh Ka Bogor” merupakan strategi city branding yang dilakukan oleh humas pemerintah kota Bogor, branding yang dilakukan pemerintah tidak hanya berlaku untuk, warga Bogor sendiri tapi juga masyarakat di luar kota Bogor dalam mengembangkan potensi kota Bogor dalam hal pendidikan, kuliner, rekreasi, tempat bersejarah, dan pariwisata dengan berbasis kearifan lokal dirasa penting. Branding kota Bogor melalui gerakan kampanye “Bogoh Ka Bogor” dapat mewakili karakter, potensi serta kekayaan kota Bogor dan masyarakatnya. Gerakan kampanye “Bogoh Ka Bogor” memberikan efek yang sangat baik dan efektif dalam menumbuhkan kecintaan terhadap kota Bogor.
 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar