Kamis, 08 Januari 2015

Pentingnya Komunikasi

Menurut berbagai survei, sekitar 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina hubungan. Berkomunikasi merupakan kegiatan rutin manusia sejak mereka dilahirkan ke dunia-mulai dari tangisan sang bayi yang menyampaikan pesan berisi psikologis dan fisiologisnya sampai dengan pesan berisi kebutuhan komplementer orang dewasa saat ini. Semua ini tidak terlepas dari proses penyampaian dan penerimaan pesan yang disebut komunikasi.

Laksana bernafas, komunikasi adalah oksigen yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia. Tidak ada manusia yang sanggup untuk tidak berkomunikasi. Sadar maupun tidak sadar, setiap hari kita berkomunikasi dengan orang lain dengan berbagai latar belakang alasan, kepentingan dan tujuan. Namun demikian, kegiatan komunikasi yang kita lakukan tersebut tidak selalu dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan. Seringkali, apa yang kita komunikasikan tidak dapat diterima oleh pihak yang kita ajak berkomunikasi, sebagaimana yang kita maksudkan. 

Ilmu komunikasi ada dan digunakan dalam setiap kegiatan apapun. Namun yang menarik dan harus dicermati dari keunikan komunikasi ini, tidak semua orang dapat didekati dan dihadapi dengan gaya komunikasi yang sama. Karena setiap orang itu unik adanya, keunikan dan keekslusifan karakter seseorang perlu dipahami dengan baik agar komunikasi yang diterapkan berjalan dengan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar