Jumat, 09 Januari 2015

Penentuan Tujuan Komunikasi


Penentuan tujuan merupakan salah satu dari empat bagian model komunikasi strategis. Karena penentuan tujuan merupakan faktor penting dalam sebuah perencanaan komunikasi yang matang. Ini karena tujuan membantu mengarahkan perhatian dan tindakan selama komunikasi karena tujuan memberi target untuk di bidik. Dalam kaitan ini tujuan disusun dengan menggunakan beberapa tolak ukur. 

Pertama tujuan harus konkret. Tujuan harus spesifik dan dapat diketahui, tidak samar-samar atau bentuk bebas. Kedua tujuan komunikasi harus jelas. Ketiga tujuan dapat dilaksanakan, penentuan tujuan tidak boleh untuk mencapai hal yang mustahil. Keempat action oriented, adalah salah satu tujuan yang menggugah orang untuk cepat melakukan tindakan, menuntut agar rencana komunikasi mewujudkan tujuan yang maksimal.

Menurut Grace ada 4 macam tujuan dalam proses komunikasi : 

  1. Tujuan fungsional adalah tujuan yang secara pokok bermanfaat untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi atau lembaga. 
  2. Tujuan manipulasi adalah tujuan yang dimaksudkan untuk menggerakan orang-orang yang mau menerima ide-ide yang disampaikan, yang sesuai ataupun tidak dengan nilai dan sikapnya.
  3. Tujuan keindahan adalah tujuan yang untuk menciptakan tujuan-tujuan yang bersifat kreatif. Komunikasi ini dipergunakan untuk memungkinkan seseorang mampu mengungkapkan perasaan tadi dalam kenyataan.
  4. Tujuan keyakinan adalah tujuan yang bermaksud untuk menyakinkan atau mengembangkan keyakinan orang-orang pada lingkungan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar